Jumat, 24 Juli 2009

BEACH

BEACH atau pantai adalah tempat dimana batas daratan dengan laut tergambar jelas secara horizontal. Suatu ordinat dimana titik nol ketinggian tempat diukur, diistilahkan dengan DPL (di atas permukaan laut). Satuan "dpl" juga menjadi indikator agroklimat sebagai salah satu syarat tumbuh species plantae (tumbuh-tumbuhan).

Beach atau pantai, suatu tempat yang menjadi salah satu objek wisata (tourism) yang menyejukkan mata dan hati, juga matahati. Terbit dan tenggelamnya matahari, atau muncul dan tenggelamnya bulan di ufuk batas pandang mata nun jauh terlihat bibir laut yang mencium langit, seolah menjadi pembuktian bahwa bumi ini bundar.

Pun batas pandang mata seolah mengatakan bahwa dunia ini luas, tapi hanya seluas mata memandang. Ini artinya bahwa, semakin luas perjalanan yang kita tempuh, maka semakin luas pandangan mata dan semakin banyak dunia lain yang kita pahami.

Jika pandangan mata dan hati serta matahati sempit, maka istilah yang sesuai untuk sifat dimaksud adalah bagai katak dalam tempurung. Katak yang terjebak dalam sempitnya tempurung, hanya tahu bahwa dunianya kecil, sekecil tempurung kelapa.

Padahal kelapa ada di sepanjang pantai dan menjadi landmark "beach" di belahan dunia manapun. Ada banyak kelapa di banyak pantai, sementara sang katak hanya tahu satu tempurung kelapa. Kasihan sekali sang katak...

Pantai, kelapa dan katak adalah sedikit elemen filosofis bumi dan langit, matahari dan bulan, laut dan daratan, mata dan hati...

Salam PALM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar