Sabtu, 22 Agustus 2009

RAMADHAN TIBA

RAMADHAN, bulan suci umat Islam telah tiba. Bulan dimana diwajibkan umat muslim untuk berpuasa sebulan penuh. Bulan dimana pahala perbuatan baik dilipatgandakan. Bulan dimana dosa-dosa diampuni dan manusia disucikan hatinya, untuk kembali "fitrah", suci bersih. Ramadhan merupakan bulan yang dinanti oleh seluruh pemeluk agama Islam di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Karena banyak hikmah dan amal jariah, selain kewajiban berpuasa, yang dapat menjadi penyejuk hati manusia, setelah selama setahun hidup dalam dinamika zaman yang kian tiada menentu...

Ramadhan telah tiba... Suara mercon dan percik kembang api menghiasi udara malam di bulan Ramadhan, diiringi teriakan nyaring bocah-bocah tanggung yang bergembira menabuh beduk atau kentongan, membangunkan penduduk untuk sahur.

Ramadhan telah tiba... Iring-iringan umat "berkopiah dan berkerudung", berduyun ke masjid di malam setelah maghrib. Sholat tarawih berjamaah di tiap malam penuh berkah, menjadi pelengkap ibadah puasa di siang harinya.

Ramadhan telah tiba... Penjual makanan dan minuman ramai bertebaran atau berkumpul di satu tempat, pasar kagetan yang ada hanya di bulan Ramadhan. Pasar dimana menyajikan jualan khas menu "buka puasa", yang mendatangkan rezeki setahun sekali bagi para pedagang kecil "pasar bedug".

Ramadhan telah tiba... Saatnya kembali intropeksi diri akan apa yang telah dicapai, didapat dan diberikan oleh Sang Pencipta. Bahwa merasakan derita orang fakir yang terbiasa menahan haus dan lapar, tidak hanya sekedar merasakannya saja. Namun juga dengan membagi rasa suka dengan bersedekah, atau sekedar menyediakan buka bersama.

Ramadhan telah tiba... Waktu buka puasa telah tiba, dan menjadi saat yang paling dinanti bagi yang berpuasa. Malam menggeliat fajar, sahur pun tiba dan menyajikan aroma khusyuk sembari menyantap hidangan malam. Sebaris niat suci mengalir lirih, "nawaitu sauma ghoddin..."

Salam PALM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar